Jumat, 12 Februari 2010

Out Sole Sepatu Safety Shoes dari Rubber Non Sintetik

safety shoes,out sole,sepatu,rubber

Out sole adalah bagian alas sepatu.bagian luar, orang awam menyebut out sole adalah sol sepatu. Kualitas out sole ini sangat menentukan terhadap kualitas sepatu safety shoes itu sendiri. jadi kalau mau membeli sepatu safety shoes maka salah satu cara mengetahui kualitas sepatu safety shoes tersebut adalah dengan melihat kualitas out sole-nya ini.

Secara logika dapat dianalisa bahwa secara hitungan matematis kualitas leather upper atau kulit yang digunakan ditentukan dari kualitas out sole-nya. Jika kualitas out sole-nya baik dapat dipastikan bahan yang digunakan untuk leather upper-nya juga akan menggunakan bahan yang berkualitas. Bahan out sole yang kuat dan ramah lingkungan adalah dari bahan rubber non sintetik.
Jenis-jenis bahan untuk pembuatan out sole sepatu adalah :
1. Rubber non sintetik. Masyarakat yang peduli lingkungan akan mencari rrubber non sintetic yaitu rubber yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Rubber non sintetik ini menggunakan bahan dasar karet alam dengan komposisi kandungan lebih dari 80%.
2. Rubber sintetik, sifat rubber sintetik kebalikan dari rubber non sistetik. Bahan rubber sintetik ini paling banyak digunakan untuk membuat out sole sepatu. Hal ini disebabkan karena sifatnya yang ringan, dapat menekan biaya produksi dan modelnya lebih variatif. Kelemahan utamanya dari bahan sintetik ini adalah tidak dapat didaur ulang dan tidak dapat diurai oleh mikroba pengurai. Masyarakat dunia sudah mulai mengurangi rubber sintetik dengan tujuan untuk mengurangi pencemaran lingkungan.
3. Poly Ureran (PU). Safety shoes berbahan PU paling banyak digunakan. Bahan ini termasuk bahan sintetik. Bahan PU ini paling sering dipakai karena sifatnya yang ringan, mudah dibentuk dan mempunyai masa kadaluwarsa (masa simpan). Dengan adanya masa simpan yang terbatas ini (max. 2 tahun), bahan ini menguntungkan produsen karena akan mempercepat repeat order, dapat menekan biaya produksi karena bahan leather upper-nya tidak perlu menggunakan bahan kelas 1 (cukup dari bahan yang kuat sampai dengan 2 tahun).
Contoh produk sepatu yang spesialis menggunakan bahan rubber non sintetik adalah Merek Bullfrog, Nathan Shoes, Bintang dan Miss Kelly.
SARAN PENULIS : Jika perusahaan anda menggunakan sepatu safety shoes untuk keselamatan karyawannya maka dalam menentukan jenis safety shoes yang berkualitas baik & tahan lama adalah dengan melihat bahan baku out sole-nya. Adapun Merek yang kami rekomendasikan adalah :
- Safety shoes = Bullfrog
- Military shoes = BINTANG & Bullfrog
- Tracking shoes = Boogie
- Fashion shoes = Nathan Shoes

Tidak ada komentar:

Posting Komentar