Sabtu, 06 Februari 2010

Safety Shoes dengan Out Sole Rubber

safety shoes,out sole,rubber

Salah satu komponen penting dari safety shoes adalah Out Sole. Kualitas Out Sole merupakan penentu utama dari kualitas dari safety shoes. 80% dari spesifikasi safety shoes diambil atau ditentukan dari kualitas out sole-nya.
Secara umum bagan dasar out sole ini ada 2 jenis, yaitu :
- Poly Uretan (PU)
- Rubber
Masing-masing bahan dasar out sole tersebut mempunyai keunggulan.
Secara umum yang beredar di pasar saat ini rata-rata dari bahan PU. Kelebihan dari bahan PU ini adalah sifatnya yang lebih ringan daripada dari bahan rubber. Sedangkan Kelemahan dari bahan PU ini adalah daya simpannya yang terbatas, yaitu maksimum 2 (dua) tahun. Dalam jangka waktu 2 tahun safety shoes dengan out sole berbahan PU ini akan rusak/hancur/hilang daya elastisitasnya walaupun tidak digunakan/dipakai. Dari sisi produsen tentunya hal ini menguntungkan karena akan terjadi repeat order.
Safety shoes dengan out sole dari bahan rubber mempunyai sifat kebalikan dari bahan PU. Memang beratnya lebih tinggi sedikit (+/- 100 gram) daripada bahan PU, namun daya simpannya jauh lebih lama dari bahan PU bahkan bisa mencapai lebih dari 10 tahun. Keunggulan lain out sole dari bahan rubber adalah :
- Index Daya abrasinya lebih tinggi, sehingga out sole-nya tidak cepat aus karena lebih tahan terhadap gesekan. Oleh sebab itu out sole safety shoes dari bahan rubber ini sangat cocok untuk pertambangan, proyek bangunan sipil dan lain-lain.
- Ramah lingkungan, rubber yang digunakan untuk safety shoes ini adalah berasal dari karet alam yang diolah sedemikian rupa dengan campuran bahan kimia tertentu untuk menjadi bahan out sole yang ramah lingkunngan dan mudah didaur ulang. Salah satu contoh safety shoes dengan out sole dari bahan rubber ini adalah Safety shoes Merek BULLFrog.
Safety shoes berbahan rubber ini, bagi produsen memang sedikit rugi karena keawetannya sehingga repeat ordernya lebih lama daripada safety shoes dari bahan PU. Tetapi bagi konsumen safety shoes berbahan rubber ini sangat menguntungkan karena :
- Tahan lama (awet)
- Karena out solenya tahan lama, tentunya bahan atasnya akan disesuaikan agar dapat mengikuti keawetannya, yaitu dari bahan kulit asli berkualitas tinggi dan dirancang/dibuat dengan perhitungan kekuatan mengikuti kualitas out sole-nya.
- Lebih efisien dari sisi biaya, rata-rata safety shoes dari bahan rubber ini dirancang dengan daya tahan sampai dengan 4-5 tahun, sedangkan safety shoes dari bahan PU hanya bertahan maksimum sampai dengan 2 tahun.
SARAN PENULIS : Dalam memilih safety shoes tetaplah berpegang pada fungsi, kualitas, keawetan dan ramah lingkungan.

Blogged with the Flock Browser

Tidak ada komentar:

Posting Komentar