Memuat...

Senin, 01 Maret 2010

Sepatu PDL TNI & Polri

PDL TNI & Polri

Sepatu PDL TNI & Polri adalah sepatu yang dipakai dinas lapangan. PDL singkatan dari Pakaian Dinas Lapangan yang terdiri dari baju, sepatu dan topi, jadi sepatu PDL TNI & Polri merupakan bagian dari Pakaian Dinas Lapangan. Perbedaan sepatu PDL dengan sepatu PDH terletak pada tinggi sepatu dimana sepatu PDL lebih tinggi daripada sepatu PDH.
Istilah sepatu PDL pada awalnya digunakan oleh instansi kemiliteren (ABRI), yaitu TNI & Polri, tetapi kemudian istilah sepatu PDL ini juga dipakai oleh instansi pemerintah yang lain.

Model sepatu PDL antara instansi yang satu dengan instansi yang lain hampir sama. Model sepatu PDL yang paling terkenal adalah model sepatu PDL yang dimiliki TNI & Polri. Sepatu PDL TNI & Polri ini modelnya sama dari dulu sampai sekarang. Ciri sepatu PDL TNI & Polri secara umum antara lain :
- Modelnya sederhana tanpa variasi.
- Tinggi kulit bagian belakang sampai dengan pertengahan antara mata kaki dan lutut.
- Bertali.
- Dari bahan kulit yang bermotif, biasanya bermotif "kulit jeruk"
Karena merupakan pakaian seragam sehingga dari ciri-ciri tersebut menunjukkan bahwa sepatu PDL tersebut cocok dipakai oleh semua level dan mudah perawatannya.
Pada dasarnya sepatu PDL yang diberikan pemerintah mempunyai model dan kualitas yang sama untuk semua level jabatan. Pada kenyataannya untuk level-level tertentu tidak mau menggunakan sepatu PDL jatah dari pemerintah, tetapi mereka menggunakan sepatu PDL yang mereka beli sendiri. Modelnya sama atau hampir sama tetapi hanya kualitasnya saja yang membedakannya. Yang membedakan kualitas sepatu PDL jatah dari pemerintah dan sepatu PDL yang beli sendiri antara lain :
- Kualitas kulitnya, biasanya lebih bagus
- Kualitas out sole-nya, sekarang ini ada yang memberikan garansi out sole
- Kualitas jahitan
- Kenyamanan
Terdapat 2 model sepatu PDL TNI & Polri yang saat ini banyak digunakan, antara lain :
- Bertali, paling standard dan umum dipakai
- Kombinasi bertali & resleting
Karena sepatu PDL TNI & Polri ini merupakan seragam yang harus dipakai jika sedang melakukan dinas luar dan diberikan oleh pemerintah sehingga pengadaannya bersifat rutin setiap tahunya. Karena sifat tersebut dan jumlah pengadaannya yang cukup banyak maka munculah banyak supplier atau toko yang menyediakan sepatu PDL TNI & Polri. Karena banyaknya supplier sepatu PDL TNI & Polri yang ingin mensupplay maka mulai timbul praktek-praktek kolusi untuk memenangkan pengadaan sepatu PDL TNI & Polri ini. Untuk menghindari praktek kolusi ini maka pengadaan sepatu PDL TNI & Polri dilakukan dengan cara ditenderkan. Namun demikian walaupun sudah ditenderkan, praktek kolusi masih tetap ada dengan tujuan untuk memenangkan pengadaan sepatu PDL TNI & Polri ini.
Dari sisi bisnis sepatu PDL TNI & Polri merupakan "ceruk" yang sangat potensial karena pasarnya cukup besar dan kebutuhannya yang kontinyu. Kepada siapapun silahkan masuk ke pasar ini sebelum dimasuki oleh pasar produk dari cina.

2 komentar: